7 Tips Memilih Hotel Saat Berlibur Bareng Keluarga
7 Tips Memilih Hotel Saat Berlibur Bareng Keluarga
May 30, 2017
Tips Snorkeling Bagi Pemula
Tips Snorkeling Bagi Pemula
June 6, 2017
Show all

7 Tips Traveling Saat Menjalani Puasa Ramadhan

7 Tips Traveling Saat Puasa Ramadhan

Puasa memang merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Dan semestinya aktifitas kita sehari-hari tetap berjalan seperti biasa. Karena puasa bukan halangan bagi setiap orang untuk beraktivitas, bekerja, hingga traveling.

Banyak sekali manfaat yang kita peroleh saat traveling di bulan puasa seperti ini. Traveling bisa juga dijadikan ibadah dan traveler pun masih bisa kuat menjalani puasa sampai waktunya berbuka.

Berikut ini ada tujuh tips yang kami rangkum saat Anda melakukan traveling di bulan puasa :

  1. Membawa barang yang ringan

Traveling saat hari dengan saat puasa pasti berbeda. Agar tetap kuat menjalani puasa selama traveling, sebaiknya pertimbangkan barang-barang yang akan dibawa.

Bawalah barang yang penting saja dan packing / kemas secara efisien. Packing yang baik dapat membantu meringankan beban selama aktifitas traveling.

  1. Membawa perlengkapan ibadah

Jangan sampai kegiatan traveling selama puasa membuat Anda lupa mengerjakan ibadah. Bawalah perlengkapan ibadah kemana saja saat bepergian. Untuk pria, bawalah sajadah dan sarung yang dapat dilipat kecil agar dapat menghemat tempat di dalam tas. Sedangkan untuk perempuan usahakan membawa mukena dan sajadah yang terbuat dari bahan yang ringan.

  1. Destinasi wisata yang ramah muslim

Saat bulan puasa, sangat penting untuk memilih tempat yang menyediakan makanan halal. Karena berbuka dengan makanan yang baik dan halal menjadikan puasa penuh berkah.

Selain wisata kuliner, kunjugi juga wisata alam dan wisata kota (city tour) yang menarik agar tetap lancar dalam menjalankan ibadah puasa.

  1. Mengetahui waktu berbuka dan sahur di wisata tujuan

Perlu diketahui juga mengenai waktu kapan jam nya sahur dan berbuka di wisata tujuan. Hal ini penting karena jika obyek wisata tujuan yang dipilih jaraknya jauh dan memiliki durasi puasa yang lebih panjang dari daerah kita tinggal, maka harus dipersiapkan lebih baik.

Mengetahui waktu sahur dan berbuka juga dapat membantu mengatur rencana perjalanan. Karena traveler dapat dengan mudah berkunjung ke kawasan muslim yang memiliki tempat makanan halal dan dekat tempat ibadah.

  1. Buka puasa dengan makanan yang sehat

Traveling tanpa wisata kuliner sepertinya tak lengkap. Apalagi jika mencicipi makanan khas daerah. Karena saat puasa, lambung dalam keadaan kosong selama belasan jam, maka kesehatan lambung juga tetap diperhatikan. Hindari mengkonsumsi air jeruk, durian, susu full cream, dan minuman bersoda serta makanan yang banyak mengandung asam.

Konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung gizi dan nutrisi tinggi agar puasa Anda tetap lancar.

  1. Makan sahur yang sehat dan bergizi

Sama dengan menu berbuka, saat makan sahur harus makan yang bergizi dan memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Pilihlah makanan dengan kadar karbohidrat yang tinggi karena nantinya bisa menjadi sumber energi sepanjang hari puasa. Tentunya juag harus diimbangi dengan minum air putih yang cukup.

  1. Berbagi dengan sesama

Berbagi dengan sesama saat traveling di bulan puasa akan membuat puasa Anda lebih bermakna. Seperti contoh, menyiapkan takjil untuk orang-orang yang akan berbuka, bersedekah, dan kegiatan lainnya.

Demikian tips menarik saat traveling di bulan Ramadhan ini. Semoga bermanfaat dan puasa kita diterima.

Keep Traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − nine =