Tips Snorkeling Bagi Pemula
Tips Snorkeling Bagi Pemula
June 6, 2017
7 Tips Mendaki Gunung yang Aman
7 Tips Mendaki Gunung yang Aman
June 13, 2017
Show all

6 Tips Scuba Diving yang Wajib Diketahui Pemula

6 Tips Scuba Diving yang Wajib Diketahui Pemula

Dunia bawah laut seakan banyak menyimpan keajaiban. Namun untuk menjelajahinya, traveler harus mengetahui beberapa tips diving, khususnya bagi penyelam pemula.

Untuk menikmati keindahan dunia bawah laut memang tidak sembarangan, Anda harus melakukan scuba diving. Berbeda dengan snorkeling, diving memiliki beberapa hal khusus dan ciri yang berbeda. Memperhitungkan mulai kedalaman laut hingga peralatan yang dipakai, harus diperhatikan dengan baik.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips sebelum memulai diving. Yuk, simak ulasannya berikut ini :

  1. Lisensi

Jika snorkeling bisa dilakukan siapa saja, maka diving tak sembarang orang. Peserta diving harus memiliki lisensi khusus sebelum melakukannya. Aktifitas diving memiliki beberapa aspek yang berbeda dibanding snorkeling contohnya seperti kedalaman air dan alat-alat yang dipakai.

Jika traveler mau melakukan diving, pastikan sudah punya lisensi. Saat ini sudah banyak tersedia dive center yang menyediakan pelatihan dan sertifikasi berjenjang. Tentunya dengan berbagai variasi harga yang bisa disesuaikan dengan budget Anda.

  1. Menggunakan peralatan selam yang baik

Diving pastinya membutuhkan peralatan khusus. Beberapa di antaranya adalah wetsuit, masker, regulator hingga tabung yang digunakan harus berfungsi dengan baik. Jika diver merasa tidak nyaman dengan peralatan yang ada, bisa berkonsultasi dengan instruktur atau partner diving untuk menggantinya dengan yang lain.

  1. Istirahat

Diving pastinya membutuhkan stamina dan kondisi tubuh yang sehat. Sebelum menyelam, sebaiknya Anda sudah cukup tidur atau istirahat agar saat menyelam tidak mudah lelah. Karena saat menyelam, seorang diver membutuhkan konsentrasi dan keseimbangan saat berada di air. Jangan sampai pingsan atau kelelahan saat berada di air karena akan memperburuk resiko hingga berujung kematian.

  1. Memiliki pendamping

Jangan menyelam sendirian. Sebaiknya menyelam dengan teman atau partner. Partner ini sering juga disebut dengan ‘buddy’. Seorang buddy dibutuhkan untuk menghindari gangguan atau hal yang tidak diinginkan saat menyelam. Misalnya ada gangguan pada alat selam atau kondisi laut yang tiba-tiba buruk.

  1. Jangan minum soda

Jangan minum minuman yang mengandung soda sebelum menyelam. Setidaknya sehari sebelum menyelam.

Saat menyelam, Anda akan melawan tekanan air laut dan gravitasi. Jika sebelumnya Anda meminum soda, nantinya akan mengeluarkan gas dan dapat mengakibatkan muntah-muntah. Padahal mulut Anda harus tetap dipasang selang yang terhubung dengan tabung oksigen selama di bawah air.

  1. Jangan menyentuh terumbu karang

Ini yang tak kalah pentingnya. Terumbu karang tidak boleh disentuh bahkan tidak boleh dirusak. Memang menarik saat melihat terumbu karang, sehingga membuat penyelam tak sadar ingin menyentuhnya.

Namun faktanya, terumbu karang hanya tumbuh kurang dari 1 centimeter setiap tahunnya. Terumbu karang juga sangat sensitif dan beberapa diantaranya memiliki sengatan yang membahayakan. Jadi, jangan sekali-kali menyentuh atau merusaknya.

Semoga tips menyelam ini bermanfaat bagi travelers. Yuk, diving!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =